
Tvonline.id – Sebagai seorang travel content creator, saya selalu kagum dengan tempat-tempat yang bukan hanya memanjakan mata, tapi juga menyimpan cerita tersembunyi di balik keindahannya. Menara Eiffel adalah salah satu contohnya. Berdiri megah di jantung Paris sejak 1889, menara ini tak hanya menjadi simbol romantisme dunia, tapi juga saksi sejarah, teknologi, dan rahasia Perancis yang jarang terekspos ke publik.
Kali ini saya akan mengajak kamu menyelami 13 fakta unik tentang Menara Eiffel yang mungkin belum pernah kamu dengar, bahkan jika kamu sudah pernah mengunjunginya. Siap menemukan sisi tersembunyi dari menara paling terkenal di dunia ini?
1. Ada Bunker Rahasia di Bawah Menara Eiffel
Fakta paling mencengangkan yang saya temui saat tur khusus Menara Eiffel adalah adanya bunker rahasia di bawah kaki menara. Bunker ini dulunya digunakan untuk keperluan militer, sebagai ruang komunikasi dan strategi.

Banyak orang tidak sadar bahwa di balik taman hijau di sekitarnya, ada ruang bawah tanah tersembunyi yang konon terhubung dengan jaringan terowongan Paris. Saat ini, bunker itu sudah tidak aktif, tapi masih menjadi bagian dari tur eksklusif untuk pengunjung tertentu.
2. Menara Eiffel Hampir Dibongkar Setelah 20 Tahun
Ketika dibangun tahun 1889 untuk Exposition Universelle (World’s Fair), Menara Eiffel hanya diberi izin berdiri selama 20 tahun. Artinya, pada 1909, ia seharusnya dibongkar.
Namun berkat fungsi strategisnya sebagai menara transmisi radio, terutama untuk militer dan sains, pemerintah Paris akhirnya mempertahankan struktur ini. Bayangkan jika Menara Eiffel benar-benar dihancurkan—Paris tidak akan sama!
3. Banyak Warga dan Seniman Awalnya Menentang Pembangunannya
Lucunya, dulu banyak warga Paris—terutama kalangan seniman—yang menentang pembangunan Menara Eiffel. Mereka menyebutnya “menara yang buruk rupa”, dan bahkan menyebarkan petisi protes besar-besaran.
Salah satu kutipan populer dari surat protes mereka:
“Kami, pecinta keindahan asli Paris, menyatakan penolakan mutlak terhadap menara besi yang absurd ini…”
Ironisnya, kini struktur itu menjadi kebanggaan nasional dan daya tarik nomor satu Perancis.
4. Apartemen Rahasia Gustave Eiffel di Puncak Menara
Gustave Eiffel, sang insinyur di balik karya megah ini, membangun apartemen pribadi di lantai paling atas Menara Eiffel.
Apartemen ini kecil tapi lengkap, terdiri dari ruang tamu, meja kerja, piano, dan perabotan antik. Gustave menggunakannya untuk eksperimen ilmiah dan menjamu tamu penting, termasuk Thomas Edison yang pernah berkunjung dan menunjukkan fonograf ciptaannya.
Kini apartemen tersebut dibiarkan dalam bentuk aslinya dan dapat dilihat pengunjung sebagai bagian dari tur ke lantai atas.
5. Warna Menara Eiffel Telah Berubah Berkali-kali
Kamu mungkin mengira menara ini selalu berwarna cokelat keemasan seperti sekarang, tapi sebenarnya warnanya telah berubah lebih dari 10 kali sejak pertama kali dibangun.
Dulu, warnanya merah tua! Lalu sempat berubah jadi kuning, coklat gelap, dan akhirnya “Eiffel Tower Brown”, warna eksklusif yang diciptakan khusus.
Menara Eiffel dicat ulang setiap 7 tahun, dan prosesnya membutuhkan sekitar 60 ton cat. Pewarnaan ini dilakukan secara manual dari atas ke bawah—bukan pekerjaan mudah!
6. Menara Eiffel Bisa Bertambah Tinggi Saat Panas
Logam adalah penghantar panas, dan baja bisa memuai saat suhu meningkat. Karena itu, saat musim panas, tinggi Menara Eiffel bisa bertambah hingga 15 cm.

Ini bukan masalah struktural, tapi fenomena alami yang justru menunjukkan betapa presisinya desain teknik menara ini. Sebaliknya, di musim dingin menara akan sedikit “menyusut” kembali.
7. Telah Disambar Petir Ratusan Kali
Dengan ketinggian lebih dari 300 meter dan bahan dasar logam, tidak heran jika Menara Eiffel sering disambar petir. Tercatat, sejak berdiri, menara ini telah terkena sambaran petir lebih dari 700 kali.
Namun, dengan sistem proteksi modern dan bahan dasar yang sangat kuat, menara ini tetap aman dan tidak pernah mengalami kerusakan serius akibat fenomena alam tersebut.
8. Menjadi Billboard Terbesar di Dunia
Tahun 1925–1936, Menara Eiffel pernah digunakan sebagai papan iklan raksasa oleh produsen mobil Citroën. Logo merek mobil itu dipasang menggunakan lampu-lampu besar di sisi menara, menciptakan iklan luar ruang paling mencolok pada masanya.
Citroën mencatat rekor dunia sebagai billboard tertinggi dan terbesar di dunia, bahkan bisa dilihat dari jarak 30 km!
9. Lift-nya Tidak Biasa
Lift di Menara Eiffel tidak vertikal seperti lift biasa, melainkan bergerak diagonal mengikuti lengkungan menara. Ini karena struktur menara yang melengkung sehingga sistem lift-nya harus disesuaikan secara khusus.
Naik lift ini sendiri sudah jadi pengalaman tersendiri. Rasanya seperti naik kereta mini yang menanjak, perlahan membawa kamu menuju panorama terbaik Paris dari ketinggian.
10. Menara Eiffel Pernah Jadi Bagian dari Perang Dunia II
Saat Perancis diduduki Nazi Jerman, warga Paris memotong kabel lift Menara Eiffel agar Hitler tidak bisa naik ke puncaknya. Konon, Hitler sempat berkunjung tapi hanya bisa sampai lantai dasar.

Setelah pembebasan Paris oleh Sekutu, bendera besar Perancis dikibarkan dari puncak menara sebagai simbol kemenangan dan kebangkitan bangsa.
11. Digunakan untuk Eksperimen Ilmiah
Gustave Eiffel dikenal sebagai penggemar berat sains. Ia menggunakan menara ciptaannya untuk berbagai eksperimen ilmiah, mulai dari aerodinamika, pengukuran angin, tekanan atmosfer, hingga gelombang radio.
Menara ini bahkan menjadi titik awal siaran radio pertama di Paris, yang sangat membantu Perancis saat Perang Dunia I.
12. Menerima Lebih dari 7 Juta Pengunjung per Tahun
Hingga hari ini, Menara Eiffel tetap menjadi objek wisata berbayar paling banyak dikunjungi di dunia. Sekitar 7 juta orang dari seluruh penjuru dunia datang ke menara ini setiap tahunnya.
Meskipun sudah ada menara lebih tinggi di Dubai, Shanghai, dan Tokyo, Eiffel tetap memegang hati para wisatawan karena daya tarik historis dan romantismenya yang tak tergantikan.
13. Struktur Baja yang Dibuat dari 18.000 Komponen
Menara Eiffel dibangun dari lebih dari 18.038 komponen besi tempa yang dirakit menggunakan 2,5 juta paku keling. Proyek ini melibatkan sekitar 300 pekerja, dan luar biasanya, selama proses konstruksi hampir tidak ada kecelakaan kerja besar—salah satu pencapaian teknik paling maju di abad ke-19.
Di Balik Kemegahan Eiffel, Ada Kisah yang Belum Selesai
Setiap kali saya berkunjung ke Paris, saya selalu menyempatkan diri untuk setidaknya melewati Champ de Mars dan melihat Menara Eiffel, meski hanya dari kejauhan. Bagi saya, menara ini bukan hanya monumen, tapi pengingat tentang bagaimana manusia bisa membangun sesuatu yang indah, kuat, dan abadi—di tengah tantangan zaman.
Setelah mengetahui 13 fakta rahasia ini, saya yakin kamu akan melihat Menara Eiffel dengan perspektif baru. Tidak hanya sebagai objek foto cantik, tapi sebagai saksi sejarah dan simbol inovasi yang terus hidup hingga hari ini.